Jumat, 26 Oktober 2012

Psikologi Pendidikan Anak SD


I Q    :   USIA SEKOLAH DASAR, ANAK MULAI BELAJAR  BAGAIMANA CARANYA  BELAJAR DAN MULAI MENERIMA BEBAN PENGETAHUAN.  INILAH ALASAN MENGAPA POTENSI ANAK HARUS DIPANTAU SECARA KETAT MELALUI PEMANTAUAN NILAI IQ.  JIKA HANYA SATU  KALI SAJA SEORANG MEENGETAHUI NILAI IQ NYA, MAKA ITU BUKANLAH KESIMPULAN YANG OPTIMAL ATAU NILAI YANG TETAP  KARENA DI BAWAH 25 TAHUN, MAKA NILAI IQ BERSIFAT CENDERUNG  LABIL ALIAS NAIK TURUN SECARA DRASTIS. NANTI, SETELAH DI ATAS 25 TAHUN, MAKA NILAI IQ BERSIFAT CENDERUNG STABIL.  YANG HARUS DIINGAT, SEUMUR HIDUP SESEORANG TETAP DAPAT MENINGKATKAN NILAI IQ NYA BAHKAN SEMUA FUNGSI OTAKNYA.

E I     :  USIA SEKOLAH DASAR, WALAUPUN ANAK SUDAH BISA BERKOMUNIKASI, TETAAPI MASIH BELUM DAPAT MENGUNGKAPKAN SECARA SEMPURNA APA YANG DIRASAKAN DAN JUGA APA YANG DIPIKIRKAN. MASALAH EMOSIONAL YANG BIASA TIMBUL   : 
  1. MALAS BELAJAR SEBENARNYA KARENA PERASAAN / EMOSI YANG TIDAK TENANG / TAKUT.
  2. LEBIH SENANG BERMAIN DARIPADA BELAJAR KARENA SUASANA RUMAH YANG TIDAK NYAMAN ATAU HUBUNGAN DENGAN ANGGOTA KELUARGA YANG TIDAK MENYENANGKAN.


C Q    :  USIA DIMANA ANAK SENANG MENCOBA HAL – HAL BARU. ORANG TUA JANGAN SALAH MENGEMBANGKAT  BAKAT YANG DIMILIKI DAN BIDANG MINAT YANG  PERLU DIARAHKAN.  MASALAH YANG BIASANYA TIMBUL, KARENA MELIHAT ANAKNYA BISA MENYANYI, MENARI DAN OLAH RAGA MAKA SEMUA NYA DIKEMBANGKAN TANPA KENDALI. 


Aspek - aspek  yang ternilai dalam Hasil Test dari Hasil Pemeriksaan Psikologis yang bernama Psikogram.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar